You are currently viewing Apakah Pipa Besi Sch 40 Itu?

Apakah Pipa Besi Sch 40 Itu?

Terdapat banyak jenis pipa sesuai kegunaannya masing-masing. Salah satunya adalah pipa Schedule 40 atau pipa besi Sch 40. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Pipa Besi Sch 40

Sch atau schedule adalah suatu istilah dalam piping guna menunjukkan ukuran ketebalan pipa atau parameter untuk menentukan tingkat ketebalan dari suatu dinding pipa. Makin besar nomor schedule nya maka akan makin tebal dinding pipanya. Contohnya seperti pipa besi sch 40 yang lebih tebal jika dibandingkan dengan schedule di bawahnya, yakni seperti pipa sch 20, atau sch 10, atau sch 5 dan seterusnya. Tapi masih lebih tipis jika dibandingkan dengan pipa sch 60 atau sch 80 dan seterusnya.

Arti Nomor Sch

Nomor schedule (Sch) adalah suatu nilai perkiraan ekspresi. Tapi nomor tertera yang mengikuti schedule, contohnya sch 40, atau sch 20, dan seterusnya itu tidak menunjukkan ukuran dari ketebalan pipanya, baik secara outside ataupun inside dari diameter pipanya, Jadi untuk pipa besi sch 40 maka bukan berarti tingkat ketebalan pipanya adalah 40 mm ataupun inside diameternya 400 mm atau outside diameternya 4000 mm. Melainkan, angka schedule itu menunjukkan tentang perkiraan ukuran rasio design pressure bagi tegangan yang diizinkan di pipa tersebut. Contohnya, pada pipa besi sch 40 maka tingkat kemampuannya dalam menahan tekanan ialah maksimal 40 barg, Nomor atau angka schedule tersebut telah diatur dalam standar global ASME B35.10 M serta API 5L. Terdapat sebelas nomor schedule yang secara umum dipergunakan dalam industri, yakni sch 160, dan sch 140, dan sch 120, dan sch 100, dan sch 80, dan sch 60, dan sch 40, dan sch 30, dan sch 20, dan sch 10, serta sch 5. Seluruh nomor atau angka schwduoe tersebut memiliki dimensi yang sudah ditentukan berdasarkan pada standar yang berlaku. 

Dalam dunia industri, salah satu jenis pipa schedule yang paling sering tingkat penggunaannya adalah pipa besi sch 40. Hal inI sebab memiliki ukuran ketebalan medium yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang fleksibel dengan ukuran suhu serta tekanan rata-rata yang paling sering.

Leave a Reply