You are currently viewing Keunggulan Besi Plat Strip Untuk Bangunan

Keunggulan Besi Plat Strip Untuk Bangunan

  • Post author:
  • Post category:Besi
  • Post comments:0 Comments

Besi plat strip merupakan bahan stainless steel yang terbuat dari berbagai material, misalnya, silikon, nikel, krom, dan karbon. Material bangunan ini memiliki beragam fungsi, seperti sebagai plat landasan, plat lekat, pembuatan stiffener, serta dudukan atau sepatu gording. Hadir dalam berbagai ketebalan yang berbeda mulai dari 2mm hingga 60mm, berikut adalah keunggulan dari plat strip besi.

Kuat dan Ulet

Tidak semua jenis besi yang digunakan untuk konstruksi ulet. Ada jenis besi yang hanya kuat saja, namun mudah patah. Contohnya, besi kering. Namun, tidak untuk plat strip besi yang tidak hanya kuat, tapi juga ulet. Hal ini memungkinkan plat strip besi untuk dipotong sesuai dengan kebutuhan dan pola yang diinginkan.

Plat strip besi memiliki keuletan yang tinggi karena karena kandungan karbonnya yang rendah. Sehingga selain mudah dipotong, material ini juga mudah dibentuk. Karena alasan inilah plat strip besi sering digunakan untuk pembuatan pagar dengan bentuk-bentuk yang indah.

Tahan Lama

Plat strip besi sangat awet. Material bangunan ini bahkan dapat bertahan hingga 30 tahun, terutama jika Anda melakukan perawatan secara berkala. Disarankan untuk melakukan perawatan terhadap material ini setahun sekali untuk menjaga kualitasnya.

Berbobot Ringan

Keunggulan besi plat strip selanjutnya adalah bobotnya yang cenderung ringan, terutama jika dibandingkan dengan jenis besi lainnya. Satu lonjor plat strip besi dengan panjang 5 meter dan ketebalan 2mm berbobot sekitar 3 Kg. Hal ini tentunya membuat plat strip besi mudah untuk dibawa atau dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Harga yang Terjangkau

Walaupun kuat dan awet, plat strip besi dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Walaupun terdapat juga plat strip besi yang dihargai mahal, tentunya dengan kualitas yang sepadan. Namun, saat ini sudah banyak plat strip besi dengan berkualitas baik yang dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 50.000.

Biasanya, semakin tebal plat strip semakin tinggi pula harganya. Yang perlu Anda perhatikan saat membeli material ini adalah pastikan produknya berstandar nasional Indonesia atau SNI.

Mudah Dibentuk

Karena kandungan karbon yang rendah dan ketebalan yang cukup tipis, plat strip besi menjadi mudah dibentuk. Material ini mudah dibentuk menggunakan teknik penekanan, seperti deep drawing atau roll forming. Karena itulah plat strip besi banyak digunakan untuk pembuatan pagar besi dengan pola yang estetik.

Selain mudah dibentuk, plat strip besi juga mudah untuk dicetak dengan menggunakan mesin press hidrolik atau lainnya. Sehingga, material ini ideal untuk pembuatan logo pabrik atau desain yang rumit. Plat strip besi juga mudah untuk dipoles untuk hasil yang lebih halus dan rapi.

Itu tadi adalah keunggulan-keunggulan dari besi plat strip untuk konstruksi atau bangunan.

Leave a Reply