You are currently viewing Cek, Kekurangan Dan Cara Tepat Merawat Freezer Bawah

Cek, Kekurangan Dan Cara Tepat Merawat Freezer Bawah

Membeli freezer bawah mungkin kini jadi pertimbangan bagi yang menginginkan sentuhan teknologi canggih di dapur mereka. Kapasitas lebih besar, desain ciamik, ditambah fitur-fitur anyar siapa yang tak ingin kulkas canggih ini?

Kecanggihan peralatan elektronik ini tetap mempunyai kekurangannya tersendiri, apa sajakah? Cari tahu selengkapnya berikut!

Kekurangan dari Freezer Bawah

  • Tidak cocok untuk semua orang

Kulkas tipe ini kurang cocok bagi orang yang mempunyai masalah punggung dan lutut. Karena jelas posisinya berada di bawah, pengguna perlu membungkuk atau jongkok dengan waktu cukup lama saat mengambil makanan.

  • Model terbatas

Walau modern, tetapi kulkas tersebut punya model yang terbatas dan masih hadir dengan warna, pola, desain yang standar jika dibandingkan dengan kulkas freezer atas.

  • Kurang ekonomis

Bila anda mencari kulkas yang ekonomis, sayangnya tidak didapat jika menjatuhkan pilihan pada kulkas bottom freezer. Karena fitur-fitur tambahannya, freezer jenis ini masih dijual dengan harga cukup mahal di pasaran.

  • Bahan makanan tersembunyi

Hal seperti ini lumrah terjadi, terlebih saat anda membeli bahan makanan langsung dalam jumlah banyak. Tumpukan demi tumpukan makanan tersebut bisa saja terjebak di bagian terdalam freezer, kemudian lupa diolah.

Cara Tepat Perawatan Kulkas Freezer Bawah

Selain mengetahui kekurangannya, calon pengguna bottom freezer perlu tahu cara-cara tepat merawat peralatan elektronik ini, antara lain : 

  1. Hindari tumpukan berlebihan

Kulkas memang dirancang sedemikian rupa untuk menampung banyak bahan makanan, akan tetapi terlalu banyak tumpukan bisa memaksa kulkas bekerja lebih keras, boros energi, dan makanan tak tersentuh.

Setidaknya seminggu sekali mengecek isi kulkas dan membuang bahan makanan yang sudah rusak.

  1. Defrosting

Makin lama digunakan, freezer bisa menghasilkan ‘bunga’ es yang menempel akibat kulkas terlalu penuh, freezer kurang menutup, dan kelembaban berlebih.

Jika mendapati ‘bunga’ es, cobalah matikan kulkas, diamkan hingga es mencair, lalu lap dengan kain microfiber.

  1. Bersihkan dengan kain lap

Bahan makanan, buah, dan sayuran yang disimpan dapat meninggalkan kotoran menempel yang merusak visual freezer. Agar tampilannya tetap terjaga, jangan lupa lap menggunakan kain dan sabun cuci piring.

Demikian kekurangan dan cara merawat freezer bawah yang bisa anda coba ikuti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply