You are currently viewing Cara Mudah Buat Es Krim Cone Dengan Ice Cream Machine

Cara Mudah Buat Es Krim Cone Dengan Ice Cream Machine

Es krim cone adalah salah satu dessert yang bisa dibuat memakai ice cream machine. Selain memiliki rasa manis yang lembut, pengolahannya relatif cepat karena tak memakai banyak bahan. Bahkan Anda bisa mengkreasikannya dengan taburan kacang, potongan buah, dan lain sebagainya.

Meski begitu, Anda harus memperhatikan langkah-langkah pembuatan es krim cone. Pasalnya, tak jarang kesalahan pengolahan menghasilkan tekstur es krim terlalu kental atau cair yang membuatnya sulit disajikan pada cone. Cara pembuatan berikut pun dapat Anda ikuti untuk menghasilkan produk kuliner yang enak dan layak dijual.

Tips membuat es krim cone dengan mesin

Sejumlah langkah yang bisa diikuti mencakup:

  1. Sebelum menggunakan ice cream machine, panaskan susu cair bersama gula sampai mendidih. Kemudian, ambil beberapa sendok tepung maizena dan kocok dengan telur agar tak cepat matang saat dicampur susu panas;
  2. Kemudian, masukkan campuran tepung maizena ke dalam susu panas. Aduk bahan-bahan tersebut sampai mengental dan matang. Angkat, lalu sisihkan.
  3. Setelah itu, tambahkan vanili pada adonan es krim dan aduk sampai rata. Saring adonan untuk kemudian dimasukkan ke wadah aluminium untuk mempercepat proses pembekuan. Lalu, campurkan kuning telur ke adonan susu es krim sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  4. Dinginkan adonan ke freezer dan kocok memakai mixer pada ice cream machine sampai teksturnya lembut. Lakukan secara berulang sampai membentuk pasta yang padat dan beku.
  5. Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan es krim instan dan campurkan bersama tiga liter air matang dan satu kilogram bubuk es krim.
  6. Selanjutnya, campur adonan dengan telur dan aduk rata memakai mixer pada mesin. Jika bahan-bahannya sudah rata, diamkan selama beberapa menit sebelum dimasukkan ke mesin es krim cone.

Tips di atas dapat Anda modifikasi sesuai selera dan kebutuhan. Pastikan es krim yang sudah jadi disajikan memakai perlengkapan steril. Kemudian setelah digunakan, bersihkan ice cream machine secara menyeluruh untuk menjaga higienitasnya.

Leave a Reply