You are currently viewing 9 (Sembilan) Tips Membeli Convection Oven

9 (Sembilan) Tips Membeli Convection Oven

Oven adalah alat masak yang dipergunakan untuk memanggang, terutama guna memanggang roti. Terdapat berbagai jenis oven. Salah satunya adalah yang namanya convection oven. Desain oven konveksi ini telah dilengkapi dengan kipas internal guna meratakan udara panas di seluruh ruangan dalam oven. Sehingga panas bisa menyebar lebih merata serta mempercepat proses memasak, dan hasil panggangannya bisa lebih renyah. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat hendak membeli convection oven tersebut.

Sumber Energi

Oven konveksi ini ada yang menggunakan bahan bakar berupa gas dan ada yang menggunakan listrik. Pelajari yang paling cocok untuk digunakan. Jika hendak membeli electric convection oven maka pilih yang hemat energi, yang paling efisien penggunaan energinya. Pastikan daya listriknya didukung oleh kapasitas daya listrik di rumah.

Kapasitas dan Ukuran Convection Oven

Kapasitasnya beragam. Ada yang 5 loyang hingga 10 loyang bahkan lebih. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruangan dapur yang tersedia. Jangan pilih kapasitas yang terlalu besar jika hanya akan digunakan untuk memasak hidangan dalam jumlah yang sedikit dalam porsi kecil. Sehingga tidak terjadi pemborosan.

Cek Rentang Suhunya

Periksa rentang suhu yang mampu dicapai oleh convection oven yang akan dibeli. Pastikan bahwa oven konveksi tersebut dapat mencapai suhu tinggi juga suhu rendah sesuai dengan yang dibutuhkan untuk memasak.

Fitur Tambahan

Beberapa oven konveksi modern telah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, yaitu seperti timer pengatur waktu, dan program memasak otomatis, bahkan ada yang menyediakan fitur kombinasi seperti fungsi microwave, dan lain sebagainya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Aksesoris Tambahan

Periksa juga dengan bawaan aksesoris tambahannya, dan kemungkinan untuk dibeli secara terpisah jika belum tersedia. Beberapa aksesoris tambahan tersebut seperti, jumlah rak, jenis rak, yakni jenis yang terpasang tetap atau yang lepasan, lalu juga dengan jumlah loyang serta thermometer dan lain sebagainya. Usahakan pilih loyang dan baki panggangan yang anti lengket, agar mudah dalam mengeluarkan hasil panggangannya secara utuh dan cantik, serta mempermudah proses pemasakannya.

Kemudahan Pembersihan

Pertimbangkan juga dengan desain terkait dengan kemudahan proses pembersihannya. Pilih yang mudah perawatannya dan bisa dibersihkan dengan secara tuntas. Perawatan itu sangat penting. 

Cek Fitur Keamanannya

Perhatikan juga fitur keamanan yang tersedia. Antara lain seperti alas yang anti slip, juga sistem penguncian ovennya pada saat sedang dipergunakan serta pegangan yang anti panas.

Merk dan Garansi serta Layanan Purna Jual

Perhatikan juga merknya. Brand yang terkenal biasanya bagus kualitasnya, serta panjang garansinya dan bagus layanan purna jualnya. Spare part atau suku cadangnya mudah diperoleh dan juga cepat layanan servicenya. Meski tak lepas juga kemungkinan adanya merk baru yang belum terkenal dalam harga yang lebih terjangkau dalam kualitas yang bagus dan garansi yang cukup panjang serta bagus juga layanan purna jualnya.

Harga

Pilih harga yang terjangkau sesuai anggaran yang tersedia. Bisa pilih oven konveksi yang lebih murah namun jangan abaikan pertimbangkan kualitasnya.

Itulah beberapa tips dalam memilih convection oven yang akan dibeli.

Leave a Reply