You are currently viewing Tips Memilih Oven Kukus Terbaik Untuk Pemula

Tips Memilih Oven Kukus Terbaik Untuk Pemula

Jika Anda masih pemula di dalam dunia baking, maka memilih oven kukus yang bagus dan paling tepat memang tidak akan mudah untuk dilakukan. Terutama, saat ini akan semakin banyak jenis oven yang akan ditemukan di pasaran. Apalagi, nantinya fitur, spesifikasi, kapasitas yang akan dimiliki setiap oven pasti berbeda-beda. Tidak usah khawatir dalam artikel kali ini kita akan memberikan tips memilih oven yang tepat.

1. Menentukan Tujuan dan Fungsi dari Pemakaian Oven

Pertama Anda harus menentukan tujuan dan fungsi dari membeli oven tersebut, misalnya oven akan digunakan untuk apa memang di rumah membuat roti, bisnis kue atau bisnis kuliner. Tujuan dari penggunaan yang berbeda akan berpengaruh pada jenis, kapasitas sampai spesifikasi oven kukus paling tepat untuk Anda. 

Jika Anda membutuhkan oven kukus tersebut untuk penggunaan sehari-hari di rumah, maka jenis yang paling cocok adalah oven listrik low watt. Anda dapat menggunakannya untuk memanggang daging, membuat kue sampai menghangatkan makanan. 

Namun, bila Anda membutuhkan oven untuk digunakan memanggang dengan jumlah yang banyak, maka oven tangkring maupun gas lebih cocok. Jenis yang satu ini umumnya banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis, seperti usaha kue kering dan bakery.

2. Pilih Kapasitas Oven yang Paling Sesuai

Ketika Anda sudah tahu dari tujuan menggunakan oven kukus tersebut, maka akan menjadi lebih mudah untuk menentukan kapasitas maupun ukuran oven yang paling sesuai. Bila Anda membutuhkan untuk memanggang dengan jumlah yang banyak, maka pilih oven dengan kapasitas yang besar supaya menghemat waktu. 

Setiap orang pastinya akan memiliki kebutuhan oven yang berbeda-beda, agar Anda lebih mudah dalam menentukan kapasitas oven dapat mengikuti paduan di bawah ini:

  • Oven untuk 1 atau 2 orang, maka pilih oven yang berkapasitas kecil 8-15 liter saja karena hanya akan digunakan untuk membuat makanan dengan porsi maksimal untuk dua orang. Oven seperti ini biasanya jenisnya adalah oven listrik.
  • Oven untuk 3 sampai 4 orang, agar bisa menghasilkan makanan yang diperuntukkan 3-4 porsi akan membutuhkannya oven dengan ukuran sedang berkapasitas 15-30 liter. Oven satu ini sudah cukup bila akan memasukkan loyang kue dengan ukuran sedang dan pas untuk 4 porsi. 
  • Oven untuk lebih dari 4 orang, jika Anda sedang mengadakan sebuah acara maupun jamuan makan, Anda harus membeli oven kue yang lebih besar. Anda dapat memilih oven yang mempunyai kapasitas sekitar 30-50 liter yang cukup jika digunakan untuk memasukkan loyang dengan ukuran besar.

3. Periksa Kebutuhan Daya Listrik Pada Oven

Oven kukus dengan kapasitas yang kecil maupun besar pastinya akan memiliki kebutuhan maupun konsumsi daya listrik yang berbeda-beda. Umumnya, oven kecil dan sedang akan membutuhkan daya kurang lebih 300 sampai 700 watt. Sementara untuk oven besar membutuhkan daya listrik kurang lebih 800 sampai 1200 watt tergantung dari kapasitasnya. 

Jauh lebih baik, Anda memilih oven yang hemat daya agar Anda tidak memiliki tagihan listrik yang membengkak. Terutama, bila Anda sering memakai oven untuk keperluan memasak setiap hari. Oven dengan kapasitas besar pastinya akan membutuhkan daya yang besar juga. 

Jadi, jangan pernah lupa untuk menyesuaikannya dengan listrik yang ada di rumah Anda. Jangan sampai nanti tidak dapat menggunakan oven karena daya listrik di rumah Anda kurang.

Leave a Reply