You are currently viewing Ini Beberapa Penyebab Mengapa Mesin Cuci Pengering Tak Bisa Berputar

Ini Beberapa Penyebab Mengapa Mesin Cuci Pengering Tak Bisa Berputar

Aktivitas mencuci pakaian dengan mesin cuci kini semakin mudah dengan adanya mesin cuci pengering, yang berarti mesin cuci disertai dengan pengering. Namun terkadang jika mesin cuci tersebut lama digunakan, bisa saja mengalami sejumlah masalah, salah satunya yaitu pengeringnya tidak mau berputar. Terdapat beberapa penyebab pengering pada mesin cuci tidak berputar.

Penyebab Mesin Cuci Pengering Tidak Bisa Berputar

Anda mungkin juga pernah bertanya-tanya kenapa mesin cuci pengering tidak mau berputar. Salah satu alasannya adalah karena kapasitor mesin cucinya terbakar. Penggunaan mesin cuci yang terus-menerus dan intensitasnya tinggi bisa menyebabkan kualitas kapasitor mesinnya menurun dan kemudian bisa terbakar.

Salah satu tanda atau ciri bahwa kapasitor mesin cuci tersebut terbakar adalah munculnya dengungan mesin ketika pengeringnya tak berputar. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan mesin cuci pengering tidak berputar adalah karena kabel mesin cuci yang terputus. Hal tersebut bisa disebabkan karena mungkin gigitan tikus ataupun kerusakan lainnya pada kabel tersebut saat mesin cuci sedang tak dipakai. 

Putusnya kabel bisa membuat pengeringnya tak berfungsi dan perlu diperbaiki/diganti. Selain penyebab tersebut, berikut adalah penyebab lainnya mengapa pengering mesin cuci tidak berputar :

  • Timer pengeringnya rusak
  • Dinamo mesin rusak
  • Putusnya tali pada rem pengeringnya
  • Tenaga kapasitor berkurang
  • Terlalu banyak beban pakaian

Memperbaiki Pengering pada Mesin Cuci yang Tidak Bisa Berputar

Sebelum memperbaiki pengering mesin cuci yang tak bisa berputar tentunya anda harus kenali dan pahami terlebih dahulu apa yang menjadi masalah/penyebabnya. Terdapat beberapa penyebab kerusakan yang masih bisa diatasi sendiri tanpa harus memanggil tukang service mesin cuci. 

Namun jika memang anda telah melakukan berbagai cara dan pengering tetap tidak bisa berputar, sebaiknya serahkan ke tukang service untuk diperbaiki. Karena kemungkinan ada masalah lain yang harus ditangani oleh ahlinya.

Itu dia beberapa faktor penyebab mesin cuci pengering tidak bisa berputar. Apabila masalah masalah seperti ini sedang anda hadapi, jangan dibiarkan dan segeralah periksa kemudian lakukan perbaikan pada mesin cuci anda.

Leave a Reply