You are currently viewing Mengenal Kompor Listrik Induksi dan Kelebihan Penggunaannya

Mengenal Kompor Listrik Induksi dan Kelebihan Penggunaannya

Sekarang ini penggunaan kompor listrik sudah semakin luas. Salah satunya, ada jenis kompor listrik induksi yang memiliki banyak kelebihan. Sayangnya, tidak banyak orang tahu bahwa kompor listrik pun memiliki jenis tertentu.

Setiap jenisnya memiliki spesifikasi dan kelebihannya sendiri. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap mengenai kompor listrik jenis induksi.

Mengenal Kompor Listrik Induksi

Walaupun termasuk jenis kompor listrik, namun secara umum kompor listrik dengan induksi tidak bisa disamakan dengan kompor listrik yang lebih umum. Hal ini terdapat pada bagaimana cara kompor induksi memanaskan makanan.

Kompor induksi memanfaatkan kumparan tembaga yang bisa menciptakan arus magnet di atas permukaannya. Hal ini membuat kompor induksi dapat memanaskan peralatan masak secara langsung.

Tidak hanya meneruskan panas dari permukaan ke peralatan masak seperti prinsip kompor listrik pada umumnya. Sistem ini membuat pemanasan lebih efisien, kontrol yang lebih tepat, dengan perubahan suhu yang lebih mudah diatur.

Dengan menggunakan kompor induksi, pemasangan bisa lebih cepat. Bahkan, dalam kasus mendidihkan air. Air bisa lebih cepat mendidih dibandingkan kompor listrik maupun kompor gas.

Kelebihan Menggunakan Kompor Induksi

Kompor listrik populer penggunaannya bukan tanpa alasan, terutama jenis kompor induksi. Karena penggunaannya memang memiliki berbagai kelebihan. Kelebihan ini bisa menjadi pertimbangan para pengguna untuk beralih menggunakan kompor jenis satu ini:

  1. Menghasilkan Suhu Panas yang Stabil

Karena memiliki sistem kontrol suhu yang lebih mudah dan presisi. Hal ini membuat suhu panas yang dihasilkan oleh kompor induksi lebih stabil. Panas akan menyebar begitu kompor dinyalakan dan akan mencapai suhu yang diinginkan dengan cepat.

Pada saat kompor dimatikan pun, suhu akan segera turun. Hal ini mengurangi kemungkinan makanan akan gosong atau kematangan.

  1. Lebih Hemat Energi

Karena menggunakan listrik, kompor induksi terbilang lebih hemat dan ramah pada energi. Selain itu, karena tidak menggunakan gas tidak ada risiko kebocoran gas. Penggunaannya pun tidak perlu waktu lama untuk memanaskan peralatan masak.

  1. Mudah Dibersihkan dan Perawatannya

Kompor induksi sangat mudah dibersihkan dan dirawat, dengan permukaan yang halus tidak ada celah sulit yang harus dibersihkan. Apalagi, bobot dari kompor ini tergolong sangat ringan.

Namun, jika dibandingkan dengan jenis kompor yang lain. Kompor induksi harus segera dan sering dibersihkan.

  1. Permukaan Kompor Cepat Dingin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, suhu kompor induksi akan segera turun begitu kompor dimatikan. Hal ini akan meminimalkan paparan panas pada para pengguna. Kemungkinan seperti terkena luka bakar dan kebakaran bisa diminimalkan.

Dengan mengenal kompor listrik industri dan berbagai kelebihannya. Informasi di atas bisa menjadi pertimbangan bagi yang belum menggunakan kompor induksi. Para pengguna bisa merasakan berbagai kelebihan dari jenis kompor listrik satu ini.

Leave a Reply